Pembukaan Orientasi Gabungan Osis SMAN 15 Bandar Lampung Tahun 2015

Orientasi Gabungan atau yang lebih dikenal dengan Orgab merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh SMAN 15 Bandar Lampung. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan orientasi kepada seluruh siswa-siswi SMAN 15 Bandar Lampung dengan kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler yang ada di lingkungan sekolah. Selain itu acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan tingkat kedisiplinan dan semangat belajar bagi siswa-siswi itu sendiri. Orgab Tahun 2015 secara resmi dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah Haryono,S.Pd dan dihadiri juga oleh para guru dan staf tata usaha sekolah.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Album Foto Kegiatan : https://goo.gl/photos/iGudFHe6aEJmgGyk7

Cara Membuat Email Baru di Google

cara membuat email
Mungkin banyak dari kita yang sudah paham dan mungkin sudah lebih dari satu email yang dimilikinya. Namun bagi yang baru saja ingin membuat email atau ada tugas untuk membuat email dari guru disekolah mungkin tulisan saya ini bisa sedikit membantu. Di era sekarang ini hampir semua kebutuhan di internet memerlukan sebuah akun email, bisa dari gmail dan yahoo yang sering digunakan dan gratis tentunya. Email selain untuk berkirim surat elektronik juga diperlukan untuk membuat sebuah akun sosisal media, blog, dan masih banyak lagi tentunya.

Sebenarnya cara membuat email itu tidak begitu sulit, paling tidak sampai satu jam untuk membuat satu akun email. Namun biasanya yang agak sulit itu ketika id yang kita inginkan tidak tersedia atau mungkin sudah terpakai orang lain, itu menyebabkan kita bingung mau pakai id apa. Nah, saran dari saya gunakan id yang anda inginkan kemudian tambahi angka 00 atau 123 dibelakang id anda. Kenapa angka 00 atau 123, sebenarnya biar mudah diingat saja, bisa disesuaikan dengan keiinginan anda saja.

Langkah Pertama Membuat Email di Gmail

  • Ketikkan di address bar browser anda http://mail.google.com/
  • Klik Buat Akun / Create Account di pojok kanan atas
  • Kemudian isikan data Anda pada form seperti dibawah ini ( ganti bahasa klik pojok kanan bawah )

cara membuat email
    • Nama – Diisi nama depan dan nama belakang, misal tidak punya nama belakang kosongi saja
    • Pilih Nama Pengguna Anda – Ini adalah id yang akan anda gunakan sebagai alamat anda, jadi usahakan yang mudah diingat dan unik
    • Buat Sandi – Masukkan password yang mudah anda ingat dan usahakan panjang, campuran dari huruf dan angka
    • Konfirmasi Sandi – Ketikkan ulang password yang sudah anda isikan di form Buat Sandi
    • Tanggal Lahir – Diisi tanggal kelahiran anda
    • Gender – Pilih jenis kelamin anda
    • Ponsel – Ketikkan nomor ponsel anda, usahakan yang masih aktif dan bisa dihubungi
    • Alamat Email Anda Saat Ini – Masukkan alamat email anda yang lain jika ada, kalau tidak ada kosongi saja
    • Kemudian ketikkan dua kata pada form terakhir untuk membuktikan bahwa anda bukanlah sebuah robot.
    • Lokasi – Isi sesuai lokasi atau negara anda
    • Centang “Saya Menyetujui Persyaratan Google”
    • Centang “Personalisasi Google”
    • Terakhir klik tombol “ Langkah Berikutnya ”
  • Kemudian akan ada verifikasi nomor hp anda, bisa pilih sms atau pesan suara

cara membuat email
  • Lalu masukkan kode yang sudah anda terima dari Gmail untuk melanjutkan ke tahap berikutnya

cara membuat email
  • Langkah selanjutnya setelah pengisian data diri anda adalah tahap pemasangan photo, jika belum punya bisa dilewati saja dengan klik “Langkah Berikutnya”

cara membuat email
  • Sampai tahap ini poroses pembuatan email sudah selesai, klik "Langkah Selanjutnya" dan anda akan langsung masuk ke akun email anda yang baru

Cara Membuat Email Baru dengan Gmail

Setelah melakukan semua tahap sampai tahap terakhir tadi, anda akan masuk ke akun Gmail baru anda. Sekarang anda sudah bisa mengirim dan menerima email dengan akun email anda yang baru saja anda buat. Mungkin pihak Google bisa merubah cara membuat email baru sewaktu – waktu, namun saya rasa perubahannya tidak akan jauh beda dari cara diatas.

Melakukan Combine Dengan Corel Draw

MELAKUKAN COMBINE DENGAN CORELDRAW X4

Combine adalah menggabungkan objek dengan mengosongkan daerah yang berpotongan, dan warna objek mengikuti objek yang paling belakang.

Untuk melakukan Combine kita gunakan menu Arrange.

Contoh penggunaan Combine dapat dicoba dengan langkah sebagai berikut :

[ 1 ] Buat dua objek yang sebagian ditempelkan seperti gambar dibawah

dua objek yang sebagian ditempelkan
[ 2 ] Seleksi ( jaring ) dua objek tersebut dengan menggunakan pick tool

Objek yang telah terseleksi
[ 3 ] Pilih menu Arrange dan lkik Combine
Menu Arrange
[ 4 ] Berikut hasil Objek setelah dicombine

Hasil Objek Setelah DiCombine

Pola Jam Dinding dengan Corel Draw

TEKNIK MEMBUAT POLA JAM DINDING

[ 1 ] Buat sebuah objek Rectangle dengan ukuran 5 x 14 mm
Drawing Page dengan 1 objek Rectangle
[ 2 ] Klik 2x pada  objek Rectangle
Objek setelah diklik 2x
[ 3 ] Tarik titik porosnya kebawah sebagai pusat perputaran
Titik poros yang telah dipindah
 [ 4 ] Lakukan Tranformasi Rotasi dengan perhitungan :
         Jumlah jam = 12
         Keseluruhan sudut lingkaran = 360 derajat
         Jumlah rectangle yang dibutuhkan untuk membuat jam = Sudut Lingkaran/12
         = 360/12 = 30 derajat

         Jadi kita harus melakukan Tranformasi Rotasi dengan ketentuan :
         Anggle = 30
         Duplikasi = 11 kali
Tranformasi Rotasi

Setelah diduplikasi
Pola Jam
Nah sekarang pola jam dinding sudah jadi, silahkan anda lanjutkan untuk membuat designnya sehingga jam yang anda buat terlihat lebih indah dan menarik. Anda juga dapat menambahkan perputaran detik atau menitnya dengan cara yang sama dengan dengan cara diatas.
Selamat mencoba.......

Tidak ada satupun manusia didunia ini yang terlahir Bodoh....
Semua orang bisa menjadi Pintar jika orang tersebut mau berusaha untuk menjadi Pintar.

Mengenal Desain Grafis


MENGENAL DESAIN GRAFIS

Di bidang grafis saat ini dikenal dua jenis gambar yaitu gambar biasa (non digital) dan gambar dalam bentuk digital. Gambar non digital adalah sketsa atau guratan alat gambar kesuatu media kertas, kanvas dan sebagainya yang berada diluar lingkungan media digital. Gambar digital adalah gambar yang dihasilkan dari olah gambar dikomputer, pemotretan menggunakan kamera digital, atau media lain yang disimpan dalam bentuk file.
Software grafis adalah software yang digunakan untuk membuat atau merekayasa citra/gambar berbasis computer.

A.        Mengenal Gambar Digital
Secara umum, program  desain grafis terbagi manjadi 2 macam, yaitu aplikasi grafis berbasis vektor dan aplikasi grafis berbasis bitmap. Pada grafis berbasis vektor, citra tersusun atas pola garis dan bentuk geometris (kurva), sedangkan pada grafis berbasis bitmap, citra tersusun atas pola titik (dot) yang disebut picture elements (pixels). Pixel adalah Elemen terkecil dari gambar digital. gambar yang terlihat di monitor komputer terdiri atas susunan titik-titik yang berwarna atau disebut dot. Dot-dot tersebut sangat kecil dan saling berdekatan sehingga terlihat seperti menyatu.
Citra berbasis vektor bersifat resolution independent, yang secara garis besar dapat diartikan sebagai : kualitasnya tetap baik tanpa bergantung resolusinya. Jadi walaupun sebuah gambar berbasis vektor diperbesar melebihi ukuran normalnya, kejernihan/kehalusannya dapat dikatakan tidak berkurang. File gambar bertipe vektor yang cukup terkenal adalah file gambar berbasis vector yang cukup terkenal adalah file berektensi EPS, CGM, dan CDR.
Berbeda dengan citra berbasis vector, citra berbasis bitmap bersifat resolution dependent, kualitasnya bergantung pada resolusi. Sebuah citra gambar berbasis  bitmap yang diperbesar melebihi ukuran normalnya akan tampak kasar (pecah-pecah). Grafis bitmap dikenal juga dengan istilah grafis raster. Beberapa tipe (ekstensi) file gambar yang merupakan citra bitmap adalah JPG, JPEG, BMP, GIF, TIF, TIFF, PCX, dan PNG.
Dengan mata telanjang, tipe-tipe citra tersebut tidak dapat dibedakan, namun demikian, perbedaannya akan tampak jika citra-citra tersebut dimanipulasi (missal diperbesar).

Tabel Perbedaan Grafis Vektor dan Grafis Bitmap

Vektor
Bitmap
Gambar tetap jelas ketika diperbesar
Gambar kurang jelas ketika diperbesar
Tersusun oleh garis dan kurva
Tersusun atas titik-titik / dot
Ukuran file yang dihasilkan kecil
Ukuran file yang dihasilkan besar
Kualitas grafis tidak bergantung dari banyaknya pixel
Kualitas grafis bergantung dari banyaknya pixel
Contoh Software Grafis Berbasis Vektor
- Adobe Illustrator
- Beneba Canvas
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Metacreations Expression
- Micrografx Designer
Contoh Software grafis berbasis bitmap
- Adobe Photoshop
- Corel Photo Paint
- Macromedia Xres
- Metacreations Painter
- Metacreations Live Picture
- Micrografx Picture Publisher
- Microsoft Photo Editor
- QFX
- Wright Image

Salah satu program aplikasi grafis berbasis vektor yang cukup populer dalam bidang penerbitan adalah CorelDraw.

Belajar Corel DRAW X4

Belajar Corel DRAW X4

A.            LEMBAR GRAFIS CORELDRAW X4




 
Keterangan :
1.
Title Bar
:
merupakan judul atau petunjuk program dan dokumen grafis yang sedang aktif, yaitu program CorelDraw X4 dan Dokumen Graphic 1.
2.
Menu
:
yaitu barisan perintah yang mendukung operasional CorelDraw, ada 3 menu, yaitu : menu standar, menu pull-down, dan menu cascading. Didalam CorelDraw ada 12 menu standar yang terdiri dari : File, Edit, View, Layout, Arrange, Effects, Bitmaps, Text, Table, Tools, Window, dan Help.
3.
Property bar
:
dari tool yang sedang digunakan, akan berubah-ubah sesuai dengan aktivitas yang dilakukan pada lembar drawing
4.
Tool Standar
:
merupakan tombol shortcut perintah-perintah dari menu pokok.
5.
Lembar Drawin
:
daerah atau halaman yang digunakan untuk melakukan, mengedit, membuat desain grafis CorelDraw.
6.
Tool Box
:
merupakan perintah shortcut yang digunakan untuk membuat, mengubah, mengganti, dan mengedit objek drawing.
7.
Navigator
:
merupakan daerah dimana indicator halaman yang aktif, jumlah halaman, dan dapat digunakan untuk perpindahan dari satu halaman yang lain.
8.
Color Palettes
:
merupakan pilihan-pilihan yang dapat digunakan untuk mewarnai objek.          





      
  
A.             MEMINDAHKAN OBJEK

Langkah-langkah memindahkan objek :
1.      Aktifkan objek yang akan dipindah
2.      Klik menu Arrange, pilih Order
3.      Pilih
To front = untuk memindahkan objek keposisi paling depan
(Shift + Pg Up)
Forward One = untuk memindahkan objek kedepan satu objek
(Ctrl + Pg Up)
To Back = untuk memindahkan objek keposisi paling belakang
(Shift + Pg Dn)
Back one =  untuk memindahkan objek kebelakang satu objek
(Ctrl + Pg Dn)

B.             MENGGANDAKAN OBJEK


Ada beberapa cara untuk menggandakan objek. Cara klasik yang sering digunakan yaitu menggunakan copy paste.
Untuk menggandakan objek dapat dilakukan dengan menggunakan teknik khusus yang dimiliki oleh Duplicate, Clone, dan Transformation. Ketiga cara ini sangat efektif dalam pengerjaan penggandaan objek. Penggunaan teknik yang mana tergantung pada kebutuhan dan keadaan objek hasil copy yang diinginkan, apakah sama besar, lebih besar, lebih kecil, berubah posisi secara teratur, dan sebagainya.
1.             Menggandakan dengan copy
Langkah-langkah :
a.             Mengcopy dengan menggukan Toolbar
(1)          Pilih objek yang akan digandakan.
(2)          Klik copy dan paste pada toolbar.
b.             Mengcopy Numpuk dengan menggukan keyboard
(1)          Pilih objek yang akan digandakan.
(2)          Tekan tombol ctrl + c dan ctrl + v atau tekan tombol plus (+) pada keyboard.
c.             Mengcopy Memperbesar dan memperkecil dengan menggukan keyboard
(1)          Pilih objek yang akan digandakan.
(2)        Klik salah satu sudut pada objek, tekan Shift, arahkan kedalam(untuk memperkecil) atau keluar(untuk memperbesar) objek lepaskan dengan klik kanan.
d.             Mengcopy dan Memindahkan Objek
(1)          Pilih objek yang akan digandakan.
(2)          Tahan mouse, pindah objek ketempat yang lain lepaskan dengan klik kanan.
2.             Duplicate
(1)         Aktifkan objek yang akan dibuat
(2)         Klik menu edit.
(3)         Pilih dan klik Dupilicate
3.             Clone
(1)         Aktifkan objek yang akan Clone
(2)         Klik menu edit.
(3)         Pilih dan klik Clone.
Perbedaan Duplicate dengan Clone :
ü    Objek hasil Clone tidak dapat diclone lagi.
ü  Jika objek asli (induk) dilakukan perubahan maka objek hasil Clone ikut mengalami perubahan. Missal jika objek asli diubah warnanya maka objek hasil objek clone juga mengalami perubahan warna. Namun, hal tersebut tidak berlaku sebaliknya. Artinya, jika objek hasil clone dilakukan perubahan maka objek aslinya tidak mengalami perubahan.
ü   Jika objek asli dihapus maka objek hasil clone juga ikut terhapus, tetapi tidak berlaku sebaliknya.

Memotong Objek Corel Draw

MEMOTONG OBJEK



F.            MEMOTONG OBJEK
Membuat desain dibutuhkan beberapa teknik aplikasi yang khusus dimiliki oleh Corel, sehingga mempermudah pembuat desain gambar. Fasilitas tersebut dikenal sebagai Shaping. Dalam shaping ada beberapa pilihan yaitu : Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front Minus Back, Back Minus Front.
Penjelasan
·           Weld : Digunakan untuk menggabungkan objek, warna akan berubah sesuai dengan objek yang paling belakang.

·           Trim : Digunakan untuk memotong objek yang menumpuk (pemotong adalah objek objek yang berada didepan)

·           Intersect : Merupakan teknik untuk mendapatkan gambar daerah perpotongan dari objek yang dipilih.(dalam matematika biasa disebut dengan istilah Irisan)

·           Simplify : Digunakan untuk memotong objek berdasarkan potongan-potongan tertentu (hasil mirip trim), dengan simplify objek terseleksi lebih dari dua tidak menjadi masalah dengan hasil mirip trim. Sedangkan trim tidak bisa digunakan untuk opsi ini.


Perbedaan Trim dengan Simplify


·           Front Minus Back (depan tanpa belakang) : bagian belakang dipotong dengan bagian depan, objek yang berada dibelakang dan objek yang berada didepan yang bertumpuk akan hilang. Sisanya adalah objek depan yang tidak bertumpuk


·           Back Minus Front (belakang tanpa depan) : bagian depan  dipotong dengan bagian belakang, objek yang berada didepan dan objek yang berada dibelakang yang bertumpuk akan hilang. Sisanya adalah objek belakang yang tidak bertumpuk


Untuk membuat shaping seperti contoh-contoh diatas dengan cara :
  1. Buat objek sesuai dengan kebutuhan
  2. Seleksi semua objek
  3. Lakukan shapeing dengan cara klik salah satu shape yang ada pada Propertybar
    Gambar Icon Shaping pada Propertybar